9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Persaingan

-
Gilang


Persaingan; adalah suatu proses sosial yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam usahanya mencapai keuntungan tertentu tanpa adanya ancaman atau kekerasan dari para pelaku. Contohnya persaingan antarperusahaan telekomunikasi, pedagang, tukang ojek dalam mencari penumpang, dll.

Hal ini muncul ketika dua atau lebih pihak berjuang untuk tujuan yang tidak dapat dibagi. Persaingan terjadi secara alami antara organisme hidup yang hidup berdampingan di lingkungan yang sama.



Tipe-tipe Persaingan


Persaingan bersifat pribadi (rivalry)
Dalam sebuah organisasi sering terjadi persaingan yang bersifat pribadi baik secara terbuka maupun secara tersembunyi (diam-diam) untuk memperebutkan kedudukan tertentu. Demikian pula di lingkungan sekolah, setiap siswa bersaing ketat untuk meraih peringkat tertinggi dalam perolehan nilai rapor. Persaingan pribadi yang berlangsung secara sehat dapat meningkatkan motivasi seseorang untuk meraih prestasi semaksimal mungkin. Namun, jika persaingan dilakukan secara tidak sehat yang terjadi adalah permusuhan, sehingga hubungan sosial menjadi tidak harmonis.


Persaingan bersifat kelompok
Persaingan bukan hanya terjadi antarindividu melainkan bisa juga terjadi antarkelompok. Misalnya perusahaan-perusahaan sejenis saling bersaing untuk memperebutkan wilayah pemasaran seluas-luasnya.



Terjadinya persaingan dalam kehidupan masyarakat akan
mengakibatkan :

  1. Timbulnya solidaritas kelompok, sehingga rasa setia kawan meningkat.
  2. Timbulnya perubahan sikap baik positif maupun negatif.
  3. Kerusakan atau hilangnya harta benda maupun nyawa jika terjadi benturan fisik.
  4. Terjadinya negoisasi di antara pihak-pihak yang bertikai.



Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!