9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Candi

-
Gilang


Candi adalah tempat persembahan atau peribadatan masa lampau yang berasalah dari peradaban Hindu/Buddha yang digunakan untuk memuja dewa-dewa.

Candi juga berasal dari kata “Candika” yang berarti nama salah satu perwujudan Dewi Durga sebagai Dewi kematian. Candi tidak hanya terdapat di Indonesia saja, tetapi juga ada di Kamboja (Angkor Wat) dan juga India yang merupakan asal-muasal agama buddha dan hindu.
Candi-candi di Indonesia banyak terdapat di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tetapi di dua daerah ini terdapat beberapa perbedaan dalam struktur candinya.
Candi Borobudur, candi terbesar kedua di dunia setelah Angkor Wat
Bagian dari CandiLanggam Jawa TengahLanggam Jawa Timur
Bentuk bangunanCenderung tambunCenderung tinggi dan ramping
AtapJelas menunjukkan undakan, umumnya terdiri atas 3 tingkatanAtapnya merupakan kesatuan tingkatan. Undakan-undakan kecil yang sangat banyak membentuk kesatuan atap yang melengkung halus.
KemuncakStupa (candi Buddha), Ratna atau Vajra (candi Hindu)Kubus (kebanyakan candi Hindu), terkadang Dagoba yang berbentuk tabung (candi Buddha)
Gawang pintu dan hiasan relungGaya Kala-Makara; kepala Kala dengan mulut menganga tanpa rahang bawah terletak di atas pintu, terhubung dengan Makara ganda di masing-masing sisi pintuHanya kepala Kala tengah menyeringai lengkap dengan rahang bawah terletak di atas pintu, Makara tidak ada
ReliefUkiran lebih tinggi dan menonjol dengan gambar bergaya naturalisUkiran lebih rendah (tipis) dan kurang menonjol, gambar bergaya seperti wayang bali
Tata letak dan lokasi candi utamaMandala konsentris, simetris, formal; dengan candi utama terletak tepat di tengah halaman kompleks candi, dikelilingi jajaran candi-candiperwara yang lebih kecil dalam barisan yang rapiLinear, asimetris, mengikuti topografi (penampang ketinggian) lokasi; dengan candi utama terletak di belakang, paling jauh dari pintu masuk, dan seringkali terletak di tanah yang paling tinggi dalam kompleks candi, candi perwara terletak di depan candi utama
Arah hadap bangunanKebanyakan menghadap ke timurKebanyakan menghadap ke barat
Bahan bangunanKebanyakan batu andesitKebanyakan bata merah


Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!