9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Penyimpangan Sosial

-
Gilang


Terjadinya perilaku penyimpangan sosial disebabkan gagalnya individu atau kelompok untuk mengidentifikasikan diri. Perilaku yang menyimpang dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga yaitu mengonsumsi narkoba dan menegak minuman keras dan ada yang terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu tawuran antar sekolah dan korpsi. Jadi dapat disimpulkan penyimpangan sosial adalah bentuk perbuatan yang mengabaikan nilai dan norma yang melanggar,bertentangan atau menyimpang dari aturan-aturan hukum.

Sifat-sifat penyimpangan sosial
  • Penyimpangan positif,adalah penyimpangan yang memiliki dampak positif terhadap kehidupan,masyarakat umum,maupun dirinya.
  • Penyimpangan negativ,adalah penyimpangan yang cenderung merugikan pelaku dan masyarakat.
Bentuk penyimpangan sosial
  • Penyimpangan primer,yaitu bentuk penyimpangan sosial yang bersifat sementara,dan masyarakat masih menolerir pelaku penyimpang, contoh ngebut karena teman masuk rumah sakit.
  • Penyimpangan sekunder, yaitu perbuatan yang dilakukan secara khas memperlihatkan perilaku penyimpang dan tindakan tersebut selalu meresahkan orang, contoh.
  • Penyimpangan individu,yaitu penyimpangan yang di lakukan oleh seseorang dgn melaukan tindakan2 yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku.
  • Penyimpangan kelompok,yaitu penyimpangan yg dilakukan secara kolektif dgn cara melakukan kegiatan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!