9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Jenderal Hirohito

-
Gilang




Hirohito dilahirkan di Puri Aoyama, Tokyo pada tanggal 29 April 1901. Merupakan anak pertama dari Kaisar Yoshihito dan Ratu Sadako, serta kakak dari Pangeran Yashuhito Chichibu, Pangeran Nobuhito Takamatsu, serta Pangeran Takahito Mikassa. Sebelum naik tahta, ia dikenal sebagai Pangeran Michi. Masa kekaisaran Hirohito di sebut masa Showa yang berarti damai, cerah budi. Namun, justru pada saat itu, Jepang terlibat perang melawan RRC dan akhirnya masuk kancah Perang Dunia Dua. Di Indonesia pada masa pendudukan Jepang (1942-1945) Hirohito dikenal dengan Tenno Heika yang berarti Yang Mulia Kaisar.

Hirohito mengenyam pendidikan awal di Gakhusin Peer's School, kemudian mendapatkan pendidikan khusus untuk putra mahkota di Istana Akasaka. Setelah itu dia memulai karir militer di jenjang letnan dan letnan kepala angkatan darat kekaisaran, kemudian kapten (1916), mayor dan wakil komandan (1920), letnan kolonel dan komandan (1923), dan komandan angkatan laut kaigun (1924), dan secara resmi di angkat menjadi putra mahkota tanggal 16 November 1916.Pada tahun 1922, Hirohito mengadakan kunjungan ke Inggris dan sejumblah negara Eropa.

Kunjungan ini di anggap sangat kontroversional oleh kelompok sayap kanan, sehingga menewaskan perdana menteri Hamaguchi. Hirohito memiliki pengetahuan tentang biologi laut. Beberapa hasil penelitiannya di tuangkan dalam sejumblah buku.Hirohito menikah dengan Putri Nagako, putri sulung Pangeran Kuniyoshi pada tanggal 26 Januari 1924 dan di karuniai tujuh orang anak. Banyak amat ya?! -.- Ia di nobatkan sebagai kaisar pada tanggal 25 Desember 1926 setelah ayahnya meninggal dunia.Langsung menuju ke akhir Perang Dunia Dua. Menjelang akhir perang dunia (1945) Jepang kalah. Angkatan lautnya bisa di katakan hampir habis, sedangkan angkatan daratnya kewalahan. Namun, pihak angkatan darat masih melanjutkan peperangan. Rapat enam besar oleh angkatan darat- Jenderal Umezu, angkatan laut- Admiral Toyoda, kementrian peperangan- Jenderal Korechika, menteri luar negri- mr. Togo, perdana mentri- Suzuki Kantaro, kementrian angakatan laut- Admiral Mitsumasa macet total. Setelah jepang menyerah di Selat Tokyo banyak pihak yang menginginkan kaisar di jadikan penjahat perang dan di adili, namun, bilamana kaisar di adili dan di hukum akan terjadi gejolak dan ke tidak stabilan pemerintahan di Jepang, karena kaisar memegang kekuasaan monarki terkuat di Jepang.

Kaisar Hirohito meninggal pada tanggal 7 Januari 1989 akibat penyakit kanker usus dua belas jari, gara gara kebanyakan makan ikan mentah kali ya?? Pemakaman kenegaraan dihadiri oleh banyak pemimpin dunia termasuk presiden Amerika. Jenazah kaisar di makamkan di Mousoleum Kekaisaran Mushasino di sampimng makam Kaisar Taisho. Kedudukannya di gantikan oleh Putra Mahkota Akihito.

Thanks to : Prakosopermono

Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!