9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Sinyal

-
Gilang

 
Apa sih sinyal itu??, menurut Rec ITU - T G.701 , sinyal adalah suatu gejala fisika dimana satu atau lebih dari karakteristiknya melambangkan informasi.

Jenis Jenis Sinyal
Setelah kita mengetahui tentang apa itu sinyal, lalu ada berapakah jenis sinyal yang ada secara umum?. menurut hakikatnya sinyal terbagi menjadi ke dalam 2 yaitu Sinyal Analog dan Sinyal Diskrit 


Sinyal Analog ( Definisi )


Jenis sinyal yang pertama adalah sinyal analog , apa definisi / arti dari sinyal analog itu?? Sinyal analog adalah suatu sinyal dimana salah satu besaran karakteristiknya mengikuti secara kontinyu perubahan dari besaran fisik lainnya yang melambangkan informasi, secara fisik sinyal analog berarti selalu mempunyai nilai di sepanjang waktu. Karakteristik yang dimiliki oleh sinyal analog antara lain : Amplitudo, frekuensi dan fasenya.


( Contoh sinyal analog 1 )


( Sebuah sinyal analog tidaklah harus sempurna seperti pada contoh 1 )


Sinyal Diskrit ( Definisi )

Setelah kita mengetahui apa itu sinyal analog, lalu apakah yang dimaksud dengan sinyal diskrit ???, apa  sih definisi dari sinyal diskrit itu?? sinyal diskrit adalah suatu sinyal yang terdiri atas sederetan elemen yang berurutan terhadap waktu, dimana salah satu atau lebih karakteristiknya membawa informasi. Karakteristik dari sinyal diskrit adalah : Amplitudo, lebar dan bentuk gelombangnya.


( Sinyal diatas adalah contoh sinyal diskrit yang biasa disebut PAM [ Pulse Amplitudo Modulation ] )


Sinyal Digital ( Definisi )

Sinyal digital, sebenarnya apa sih sinyal digital itu?? apa definisi dari sinyal digital?? Sinyal digital adalah sebuah sinyal diskrit dimana informasinya dilambangkan oleh sejumlah deretan sinyal diskrit yang telah ditentukan jumlahnya.





Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!