9 in 1. With our knowledge, we break the horizon!

Facebook
RSS

Hama dan Penyakit

-
Gilang

Tanaman dikatakan sakit jika ada perubahan seluruh atau sebagian organ-organ tanaman yang menyebabkan terganggunya kegiatan fisiologisnya. Misalnya tanaman tomat yang semula segar tiba-tiba menjadi layu. Daun kedelai yang awalnya berwarna hijau segar, sekarang tibatiba kelihatan bercak-bercak cokelat. Tanaman-tanaman tersebut menyimpang dari keadaan normal dan biasanya orang mengatakan sakit. Penyebab sakit ini bermacam-macam, seperti BAKTERI, CENDAWAN, VIRUS, KEKURANGAN ATAU KELEBIHAN AIR, KEKURANGAN ATAU KELEBIHAN UNSUR HARA ATAU KARENA TANAMAN MENDAPATKAN STRESS LINGKUNGAN misalnya suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
Penyakit tanaman dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu PENYAKIT PARASIT dan PENYAKIT NON-PARASIT atau PENYAKIT FISIOLOGIS. Penyebab penyakit parasit sudah diantaranya adalah bakteri, virus dan cendawan. Sedangkan penyakit non-parasit yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan terhadap unsur hara (mineral), air, inar matahari dan temperatur.
HAMA adalah binatang perusak tanaman budidaya. Tanaman yang dirusak tersebut misalnya kol, sawi, selada, tomat, terung, jagung, jeruk, mangga. Sementara itu, binatang yang merusak atau hama diantaranya adalah
  • Wereng menyerang tanaman padi dan menyebarkan virus yang juga menyerang tanaman padi.
  • Kutu loncat merusak tanaman lamtoro
  • Belalanng sexava, merusak tanaman kelapa
  • Ulat kupu artona, merusak tanaman kelapa
Tindakan yang dilakukan agar tanaman terlindung dari serangan penyakit dan hama disebut PROTEKSI TANAMAN. Pengendalian hama yang baik yaitu dengan cara BIOLOGIS. Pengendaliannya meliputi PENGGUNAAN PREDATOR, binatang pemakan hama atau penggunaan parasit dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit pada hama tetapi tidak pada tumbuhan. Pemberantasan secara biologis ini hanya akan mematikan hama. Sementara itu, serangga lain yang bukan hama akan terhindar dari kematian.

Leave a Reply

    Category List

    Follow it!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Histats Counter

    Stats it!